ENTREDEV KEREN, ENTREDEV SUKSES MENCETAK WIRAUSAHA TAHAN BANTING DAN BERKELANJUTAN

Bersama Asdep Kewirausahaan Kemenkopukm RI


Pada tahun 2023, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop) Indonesia mengadakan kegiatan yang sangat dinanti-nantikan, Entredev (Entrepreneur development) 2023. Entredev adalah program unggulan yang bertujuan untuk mengembangkan para wirausahawan di Indonesia. Kegiatan ini telah menjadi landasan bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indonesia, memajukan kewirausahaan, dan menciptakan peluang bagi para pengusaha muda yang berbakat. Saya, sebagai salah satu peserta membawa usaha Gubug Eva dengan produk Loyangku Nasi Jagung Instan, sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini dan akan berbagi dengan Anda pengalaman saya sepanjang Entredev 2023.

Asesment adalah tahap awal dalam program Entredev. Tahap di mana calon peserta dipilih dengan cermat berdasarkan kriteria tertentu. Kemenkop Deputi Kewirausahaan menerima 5000 pendaftar dari seluruh Indonesia yang masuk sejak tanggal 2 Februari sampai 19 Maret 2023, dan para ahli dalam bidang kewirausahaan bertugas menyeleksi setiap pendaftar. Mereka mencari wirausaha yang berbakat, inovatif, dan berkomitmen untuk mengembangkan bisnis mereka.

Saya masih ingat hari ketika saya menerima email tanggal 7 Mei 2023 yang memberitahu bahwa saya telah lolos menjadi bagian 2300 peserta pendampingan, yang terdiri  1500 peserta pendampingan usaha dari 3 sektor yaitu sektor agrobisnis, jasa dan teknologi serta kriya dan 800 peserta konsultasi bisnis. Peserta diundang untuk mengikuti pendampingan usaha. Rasa terharu dan antusiasme saya sangat tinggi. Peserta yang terpilih mengikuti zoom grand opening pada 30 Mei 2023. Ini adalah awal yang menantang di mana saya harus membuktikan kemampuan dalam berbagai aspek, mulai dari pemahaman tentang bisnis hingga kemampuan berkomunikasi dan kepemimpinan. 

Belajar kelompok yang berisi 20 peserta sangat terlihat mana yang sungguh sungguh ingin maju dan berkembang. Pada kesempatan ini saya didampingi oleh coach Abdul Hamid Hasan di kelompok 17 sesi lokakarya 500 agrobisnis. Mengikuti 4 kali zoom lokakarya dengan materi yang sangat bermanfaat bagi saya. Ini adalah awal yang sangat baik bagi perjalanan saya dalam mengembangkan bisnis dan menjadi wirausahawan yang lebih baik, karena dibantu untuk menerapkan ilmu yang di dapat dari lokakarya. 

Pembuatan media bisnis, penggunaan AI (kecerdasan buatan), pencatatan digital dan pembuatan kata kunci bisnis, pembuatan target jangka pendek dan pencapaian mingguan. Sebagai persiapan dasar dalam dunia digital. Dari sini lah tanpa sadar saya telah lama mempunyai web berupa business site dan blog yang belum terkelola dengan baik, dan dari arahan coach saya sudah menambah satu web lagi, yang akhirya saya jadikan satu, Web baru sebagai rumah, business site sebagi web kedua dan blog yang sudah saya konversikan menjadi dot com menjadi web edukasi. Seiring berjalannya pendampingan,  pikiran saya banyak terbuka akan pentingnya menata manajemen usaha baik dari diri sendiri, tim ataupun sumber daya lain yang terlibat. Pembenahan-pembenahan terus saya lakukan untuk mempersiapkan diri menjadi wirausaha sejati, wira usaha yang memikirkan dampak sosial maupun dampak lingkungan yang baik, termenejemen dan terdokumentasi sehingga bisa di pakai buat koreksi dalam memajukan bisnis.

Sharing bersama pebisnis yang sudah berkembang dan maju memberikan wawasan tentang berbagai aspek bisnis, mulai dari manajemen keuangan, pemasaran digital, penerapan SDGs (tujuan pembangunan berkelanjutan) dan  pengalaman-pengalaman pribadi sangat mencerahkan dan memotivasi saya untuk terus maju. Selain itu, keterampilan praktis yang sangat berguna dalam menjalankan bisnis, seperti perencanaan strategis, analisis pasar, dan manajemen risiko. Saya juga mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan sesama peserta baik dalam ilmu maupun pengembangan bisnis. Coach memberikan bimbingan dan nasihat berharga tentang bagaimana membangun dan mengelola bisnis dengan baik. Saya didorong untuk mengembangkan rencana bisnis yang komprehensif dan inovatif. Diajarkan cara menyusun visi, misi, dan strategi bisnis yang kuat, serta bagaimana mengidentifikasi peluang pasar yang potensial.

Setelah 4 minggu mengikuti lokakarya peserta dipilih lagi menjadi TOP 100 agrobisnis menuju intensive couching yang di coaching dalam kelopok yang berjumlah 5 peserta. Suatu pencapaian yang besar bagi saya bisa masuk dalam tahap ini. Target jangka pendek dikejar untuk bisa mengembangan bisnis agar bisa tumbuh dengan baik sesuai target kita. Seminggu di coaching 3 kali melalui zoom, setoran pencapaian target mingguan dan dicari solusi bagi yang belum bisa mencapai target. Pada sesi ini saya di pertemukan dengn coach hebat sang investor sekaligus penulis hebat coach Johanes Arifin Wijaya dengan kesibukannya yang luar biasa mengcoaching saya dan 4 peserta lain dengan sangat baik, membawa kami berkeliling Thailand dan Vietnam live tiktok untuk menjadikan reverensi bagi kami dalam berbisnis. 7 minggu digembleng agar tidak ada yang luput dari target yang sudah kami buat sendiri.

Setelah 7 minggu digodog dalam intensive coaching kami diberi kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan peserta lain dan para coach dalam offline meet up yang bertempat di The Aliante Hotel & Convention Center selama 2 hari yaitu hari Jumat dan Sabtu tanggal 29-30 September 2023. Di sini saya berkesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan coach dari berbagai bidang keahlian, sehingga saya bisa langsung memperbaiki kekurangan-kekurangan yang menghambat perkembangan bisnis saya. Super seru dan keren!!!

Saya merasa benar-benar menjadi pengusaha yang sejati. Saya mengatasi berbagai hambatan dan rintangan, tetapi saya juga merasakan pencapaian yang luar biasa. Ini adalah tahap di mana teori bertemu dengan praktik, dan saya belajar banyak dari pengalaman sehari-hari. Saya mendapatkan dukungan dan bimbingan terus-menerus dari coach. Masukan yang berharga tentang bagaimana mengatasi masalah yang muncul dan mencapai tujuan bisnis. Saya juga diajarkan tentang manajemen waktu, pengambilan keputusan, dan manajemen sumber daya manusia. Semua ini adalah keterampilan yang sangat penting dalam menjalankan bisnis dengan sukses.

Tak berhenti di offline meet up, setelah pulang dari acara saya sangat dag dig dug karena mendapatkan info akan ada pemilihan peserta lagi untuk masuk ke tahapan selanjutnya. Saya sampai beberapa kali mencari info tentang kriteria yang masuk ke nominasi tersebut namun nihil, tidak ada yang bisa mengatasi rasa gelisah saya, rasa dag dig dugnya saya semakin hari semaking kencang. Ha ha ha….

Tanggal 14 Oktober 2023 saya mendapatkan jawaban dalam pengumuman TOP 10 dan saya mendapatkan info luar biasa bonus yang sangat besar bahwa nama saya ada di deretan nama-nama yang maju ke sesi Networking Day di Jakarta, ada rasa tidak percaya dalam diri saya, betulkah saya masuk? Karena saya sadar betul peserta yang di TOP 100 semua keren dan hebat. Berulang kali saya bertanya pada coach Johanes terkait hal tersebut. Kemudian saya di masukkan ke grup TOP 10, sedikit menambah keyakinan saya bahwa saya masuk ke TOP 10 Agrobisnis. Coach Johanes pernah mengatakan “enter bukan entar” sehingga saya terus mempersiapan sedikit demi sedikit supaya bisa totalitas dalam meneruskan kegiatan. 

Tanggal 22 Oktober 2023 saya bulatkan tekad pergi ke Jakarta dengan sebuah trevel untuk bisa mengikuti kegiatan Networking Day di Horison Suites & Residence Rasuna. 23 Oktober 2023 saya dan teman-teman dilatih untuk presentasi dengan profil bisnis yang sesui dengan bisnis masing-masing. Peserta demi peserta presentasi dihadapan coach dan peserta lain, tiba giliran saya, namun saya belum bisa menampilkan yang sesuai harapan coach. Banyak masukan positif yang harus saya aplikasikan ke showcase selanjutnya.

Setelah latihan demi latihan dan konsultasi ulang dilakukan kami beristirahat. Saat sampai diruang istirahat saya sangat bersyukur mendapatkan vasilitas yang luar biasa. Sebuah ruang apartemen super lengkap untuk 2 orang peserta. Terimakasih entredev memberikan kenyamanan saya istirahat untuk mempersiapkan diri agar bisa tampil maksimal dalam showcase di depan pemangku kepentingan dan juri esok hari.

Seiring berjalannya waktu, bisnis saya mulai tumbuh dan berkembang. Saya belajar bagaimana mengelola pertumbuhan yang cepat dan bagaimana tetap inovatif dalam menghadapi perubahan pasar dan teknologi. Saya terus mengikuti perkembangan terbaru dalam industri dan berusaha untuk tetap relevan.

Setelah sarapan pagi saya beserta peserta lain berpindah ke Royal Hotel Kuningan untuk melanjutkan kegiatan presentasi. Rasa dag dig dug Ini adalah saat-saat yang menegangkan. Kenapa? Karena ini adalah pengalaman pertama saya tampil di depan investor, dan pemangku kepentingan. Saya diberi kesempatan untuk mempresentasikan perkembangan bisnis di depan investor dan pemangku kepentingan, merupakan kesempatan langka untuk mendapatkan pendanaan, pasar dan dukungan yang dapat membantu bisnis mencapai tingkat berikutnya.

Entredev memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan para wirausaha lain dan membangun jejaring bisnis yang kuat. Ini adalah aset berharga yang membantu saya mendapatkan pengetahuan dan peluang. Saya dan peserta lain juga diajarkan tentang pentingnya memahami pelanggan dan berkomunikasi baik dengan mereka.

Presentasi saya lakukan berbeda jauh dengan yang saya sajikan pada saat latihan.  Selain  karena grogi juga karena banyaknya masukan baik dari para coach. Alhamdulillah berjalan sedikit lancer dan akhirnya terlewati juga sesi ini. Namun setelah presentasi bukannya saya merasa tenang, justru saya makin dag dig dug gak karuan, dan pikiran saya jauh melayang apa yang akan saya lakukan? Saya berusaha untuk tenang dan istirahat di kamar hotel yang sudah disediakan, mandi dan sholat.

Acara Appreciation Day adalah saat yang sangat dinantikan dalam program Entredev, di mana seluruh peserta merayakan pencapaiannya selama program dan mendapatkan pengakuan atas usaha kerasnya. penghargaan diberikan kepada peserta yang telah mencapai hasil yang luar biasa selama program. Termasuk penghargaan untuk bisnis yang paling inovatif, bisnis yang paling berkelanjutan, dan wirausaha paling berbakat. Sektor agrobisnis diambil 5 peserta terbaik. Nama usaha satu demi satu di sebutkan hingga 5 peserta, saya sudah pasrah saat nama saya tidak di sebut, namun suatu anugrah yang sangat berarti bagi saya saat pemanggilan untuk maju  ke panggung apresiasi Gubug Eva dipanggil dan di suruh untuk naik panggung, saya sempat kaget dan meneteskan air mata, antara yakin dan tidak yakin ternyata saya ada di urutan ke 4 dari 6 usaha yang diambil untuk appreciation day, dan mendapatkan piagam penghargaan. Saya sangat bersyukur karena ada di posisi tersebut, yang menandai pencapaian besar dalam perjalanan saya sebagai wirausaha.

Kegiatan Entredev 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenkop Deputi Kewirausahaan adalah pengalaman luar biasa bagi saya karena selain saya dapat ilmu dapat coach hebat, dapat teman pengusaha hebat dari seluruh Indonesia saya juga pendapatkan penguat branding untuk saya dan Gubug Eva serta dapat jejaring pemasaran yang lebih luas dan semoga lebih loyal. Aamiin. Entredev adalah program yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha muda di Indonesia. Saya merasa lebih percaya diri dan siap untuk menghadapi tantangan bisnis di masa depan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kemenkop Deputi Kewirausahaan dan semua pihak yang terlibat, tim Madep Artha, coach Chrisma Wibowo selaku PM, coach Abdul Hamid Hasan, coach Johanes Arifin Wijaya dan coach lainnya, keluarga, tim Gubug Eva, KWT Berkah Makmur, teman-teman dan semua pihak yang terlibat dalam program ini atas dukungan dan kesempatan yang berikan kepada saya. Saya yakin bahwa keberhasilan ini akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Indonesia.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda, sebagai pembaca pengalaman saya dalam Entredev 2023. Saya berharap cerita ini dapat memberi inspirasi kepada orang lain untuk mengejar impian mereka dan menjadi wirausaha yang sukses. Terima kasih

Terus berkarya dan terus menebar manfaat dimanapun dan kapanpun semampu kita senyaman kita. Karena kesuksesan yang sesungguhnya adalah ketika ada manfaat yang di rasakan orang lain dengan adanya karya kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indeks Glikemik Jagung

BeritaBanjarnegara.com

Manfaat Nasi Jagung